Beranda | Artikel
Pelajaran Berharga dari Dialog antara Syaqiq Al-Balkhi dan Hatim Al-Asham (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)
Sabtu, 14 Februari 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nuzul Zikry

Ceramah agama Islam bersama: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama: Pelajaran Berharga dari Dialog antara Syaqiq Al-Balkhi dan Hatim Al-Asham

Pada kajian kali ini, akan ditengahkan dialog antara dua ulama besar yang sering kali dibawakan juga oleh ulama-ulama yang lainnya. Mereka berdua merupakan guru dan murid. Mereka adalah Syaqiq Al-Balkhi dan Hatim Al-Asham. Mereka berdua merupakan rujukan para ulama, bahkan Hatim Al-Asham mendapatkan julukan Lukman Al-Hakim nya umat ini. Karena begitu banyak kata-kata hikmah yang beliau ucapkan.

Hatim Al-Asham merupakan murid dari Syaqiq Al-Balkhi, dan beliau sangat terpengaruh dengan gurunya ini. Suatu ketika, saat mereka sudah lama merajut hubungan guru dan murid. Maka Syaqiq Al-Balkhi bertanya kepada muridnya tersebut: “Engkau telah mendampingi diriku bertahun-tahun lamanya, apa yang telah engkau pelajari dariku?”. Maka Hatim Al-Asham menjawab: “Ada delapan perkara (yang sangat berkesan bagiku).”

– Yang pertama, aku melihat setiap manusia memiliki hal yang mereka sukai dan cintai. Namun, ketika ia meninggal dunia, maka orang-orang yang mencintainya meninggalkannya begitu saja. Oleh karena itu, aku menjadikan amal-amal baikku sebagai hal yang aku sukai dan cintai agar ia dapat mendampingiku di kubur nanti.

– Yang kedua, aku membaca firman Allah Ta’ala:

وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى، فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى

“Dan orang yang menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya).” (QS An-Naziat [79]: 40-41)

Bagaimana kelanjutan dari dialog antara guru dan murid ini? Silakan simak selengkapnya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Nuzul ini.

Silakan Download Kajian Mutiara Sahur: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry – Pelajaran Berharga dari Dialog antara Syaqiq Al-Balkhi dan Hatim Al-Asham

Mari kita share link download kajian yang bermanfaat ini, ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat untuk kita dan saudara-saudara kita yang lain. Jazakumullahu khairan.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/11563-pelajaran-berharga-dari-dialog-antara-syaqiq-al-balkhi-dan-hatim-al-asham-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-lc/